Resep Masakan Gulai Ayam Kampung Cabai Hijau Pedes Banget


Resep Masakan Gulai Ayam Kampung Cabai Hijau Pedes Banget
Pagi-pagi udah bingung mau masak apa. Mas-mas tukang sayur juga tidak membawa bahan-bahan masakan yang menginspirasi untuk Resep Masakan hari ini. Masih dengan kangkung, bayam, ayam, ikan...untung masnya jago ngegosip, jadinya ibu-ibu masih betah beli sama si mas tukang sayur yang satu ini.

Karena malas berfikir, akhirnya masih dengan ayam yang masih menjadi favorit keluarga, saya siap membuat masakan. Tapi kali ini ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang bisa dibeli di pasar-pasar, atau juga bisa diambil di kandang emak. Hehe...Bahan ini akan kita olah menjadi Resep Masakan Gulai Ayam Kampung Cabai Hijau Pedes Banget.
 

Biasa harga ayam kampung akan jauh lebih mahal dari ayam kota Bun...wajar, karena biasanya ayam kampung perawatannya lebih original ketimbang ayam kota (Ayam yang diternak itu loh Bun), atau kalau pengen ayam kampungnya lebih murah, bisa ternak sendiri, gratis bun.
 

Nah dari judul resepnya yang pakai “pedes banget” pastinya cabai yang dipakai juga gak main-main. Cabai rawit yang memiliki postur cilik namun pedesnya minta ampun menjadi pilihan untuk menu kali ini. Sebenarnya Cuma itu aja bahan andalannya selain bahan rempah pendukung lain. Cara memasaknya sangat mudah.
 

Tapi buat yang gak suka pedas mending jangan masak menu yang satu ini, karena bisa-bisa nanti bakal sering ke toilet karena bakal mules Bun. Atau boleh cabenya dikurangi atau judulnya jadinya diganti jadi Gulai Ayam Kampung Cabai Hijau Biasa aja. Hahaha. Dari pada penasaran, mending hayuk kita langsung eksekusi ayam kampung ini.
 

Bahan-Bahan Resep Masakan Gulai Ayam Kampung Cabai Hijau Pedes Banget
  1. Satu ekor ayam kampung
  2. Satu ons cabai rawit
  3. Satu buah kelapa santan atau bisa memakai santan jadi
  4. Bawang Merah secukupnya
  5. Bawang putih secukupnya
  6. Kunyit secukupnya
  7. Jahe secukupnyaa
  8. Ketumbar
  9. Kemiri
  10. 4 helai Daun salam
  11. 1 helai Daun kunyit
  12. Dua batang serai
  13. Penyedap rasa
  14. Garam
  15. Rimbang atau Kacang panjang
Cara memasak
  1. Bersihkan ayam kampung yang sudah dipotong, kalau ada lemak-lemaknya sebaiknya dihilangkan saja, karena akan membuat santan semakin berminyak. Setelah itu direbus ya bun sekitar 20 menit biar saat memasak dengan santan tidak terlalu lama.
  2. Siapkan santan secukupnya, banyakin aja bun, soalnya memasak ayam kampun harus sedikit lama biar empuk.
  3. Goreng cabai hijau terlebih dahulu bersama bumbu lain seperti bawang merah dan putih, jahe, kunyit dan kemiri. Setelah itu digiling bersamaan. Sebaiknya jangan menggunakan blender ya bun, biar tidak terlalu halus, dan pedesnya semakin gila banget.
  4. Siapkan juga Rimbang atau kacang panjang 
  5. Siapkan kuali untuk menggulai, pertama masukan cabai yang sudah digiling ke dalam panci kosong, lalu masukan dua batang serai, daun kunyit dan daun salam, beri sedikit santan.
  6. Setelah agak mendidih, masukan ayam kampung yang sudah direbus tadi. Aduk rata sampai adonan cabe bercampur dengan ayam.
  7. Masukan kacang panjang atau rimbang yang sudah dibersihkan.
  8. Masukan santan secukupnya, tunggu hingga mendidih, beri garam dan penyedap dan jangan pakai gula.
  9. Setelah mendidih, angkat dan sajikan.
Huraaa... sudah jadi olahan ayam ini dan siap dihidangkan untuk keluarga tercinta. Karena sekeluarga pecinta pedas, jadi saya gak perlu susah-susah menyiapkan menu lain buat yang gak suka pedas. Paling sedap kalau disantap pas hangat-hangat, siapkan tisu dan minuman dingin juga ya, karena dijamin bakan kepedesan dan keluar keringat. Rasain juga bun menu Resep Masakan Ayam Saus Kacang. Nyamiii lah pokoknya.
0 Komentar untuk "Resep Masakan Gulai Ayam Kampung Cabai Hijau Pedes Banget"

Back To Top