Resep Masakan Gulai Keong Nenek

Resep Masakan Gulai Keong Nenek jadi menu yang harus dicoba. Gimana enggak, si kakak yang namanya Iie itu udah ngupload gulai keong yang menggugah selera itu.  Dan seperti biasa, dia gak nawarin dan buat iri lagi. Tapi ya gak papa, setidaknya jadi inspirasi untuk menu masakan hari ini.

Sebenarnya makanan ini agak aneh untuk sebagian orang. Pasti pas liat dia idup rasanya males banget buat memakannya, tapi saya udah pernah coba waktu Mbak Iie masak olahan seafood ini. Awalnya gak sudi makan, geli lah, jijik juga. Tapi pas liat proses ngolahnya terus rasanya juga enak saya jadi ketagihan. Biasanya kalau malas masak kita biasa cari penjualnya di dekat taman-taman. Biasanya pedagangnya ngumpul dengan pedagang makanan aneh lainnya seperti pensi, kerang kuaci entah apalah yang lain.


Tapi rasa emang gak bisa bohong, punya Mbak Iie yang paling enak. Aman banget makannya karena proses yang dilalui teruji klinis dan bersih (wih pasti dia senang banget dipuji-puji), karena menurut dia gak perlu bergizi yang penting bersih dan gak bau amis. Tapi mungkin karena saya belum ngerasain hasil olahan orang lain kali ya, jadi punya dia aja yang terasa enak. hehe


Oke baiklah karena dia tidak nawarin lagi akhirnya saya memasak sendiri. Ternyata setelah saya search Keong kaya akan protein, tetapi rendah lemak sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif makanan tinggi protein yang rendah lemak. Tidak hanya di Indonesia, di Amerika Serikat, Perancis dan banyak negara lain menjadikan keong sebagai menu utama makan malam mereka. Bersiap dengan peralatan perang hari ini ke pasar buat beli keong nenek..Yuk Bun langsung masak aja.
 

Bahan Resep Masakan Gulai Keong Nenek
  1. Keong Nenek ½ kg, jangan banyak-banyak ya bun kalau gak pernah nyoba, nanti mubazir
  2. Daun paku atau daun pucuk ubi secukupnya
  3. Cabe rawit, bisa juga diganti cabe lain yang sesuai dengan selera Bunda
  4. Santan
  5. Bawang merah
  6. Bawang putih
  7. Kunyit
  8. Jahe 
  9. Daun kunyit
  10. Daun salam
  11. Daun serai
  12. Kemiri
  13. Garam
  14. Penyedap
Cara memasak
  1. Bersihkan keong sebersih-bersihnya, karena dengan kebersihannya baru nyaman buat dimakan. Jangan lupa untuk menokok sampai terbuka bagian ekor si keong, kata mbak Iie biar gampang pas makannya.
  2. Setelah dibersihkan rendam dengan perasan air jeruk nipis, biar gak amis
  3. Karena kuatir gak bersih, saya biasanya merebus sebentar sikeong ini, setelah itu tiriskan
  4. Siapkan Bumbu yang sudah kita sediakan giling cabe, bawang mereah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit. Terlebih dahulu di goreng sebentar ya bun, biar pedesnya gak cetar membahana.
  5. Masukan bumbu tersebut kedalam panci, tumis sebentar masukan daun salam, daun kunyit dan serai lalu masukan keong yang sudah dibersihkan, lalu tambahkan dengan santan.
  6. Aduk rata dan jangan biarkan sampai santannya pecah
  7. Masukan daun paku atau daun ubi yang sudah dibersihkan
  8. Masukan garam dan penyedap secukupnya sampai menurut anda rasanya enak
Huraaaaa....resep masakan sudah siap. Cara memakannya pun cukup unik Bun, karena kita harus menyedot atau menghisap isi dalam keong untuk dapat menyantapnya. Itu makanya kenapa bagian ekor di lubangi agar memudahkan saat menghisapnya. Sedapnya dijaminnnnn....Selamat mencoba Bun. Coba juga Resep Masakan Bakso Bakar untuk menu cemilan sore nanti. Terimakasih sudah membaca


0 Komentar untuk "Resep Masakan Gulai Keong Nenek "

Back To Top