Resep Masakan Lele Goreng Garing

Resep Masakan Lele Goreng Garing-
Resep Masakan Lele Goreng Garing menjadi salah satu andalan di keluarga saya. Bagaimana tidak, si emak yang notabene pecinta ayam, berhijrah jadi suka ikan, khususnya Ikan Lele. Sejak pernah kena serangan stroke karena tekanan darah tinggi beberapa waktu lalu, emak jadi lebih menjaga menu makanannya.   Dan kami lah anak-anaknya yang menderita, karena akhir-akhir ini menunya tiap hari ikan lele terus.  

Dulu paling males makan ikan lele, apa lagi lele jumbo yang bentuknya gede-gede. Pasti kami mikir yang aneh-aneh. “Wih itu lele makanannya apa ya,” “Wih tu lele di kasi makan apa ya sama tuanya, ”, “wih…wih..wih” gitulah pokoknya mikir aneh-aneh sama makanan ikan lele. Tapi seiring waktu ya sudah pasrah saja baca bismilah, meskipun kadang-kadang geli sama bentuk lelenya yang gede-gede itu.


Karena sebenarnya lele merupakan sajian yang menarik dan bergizi. Lele mengandung  asam lemak omega 3 yang sangat efektif untuk ganti agregasi keping-keping darah. Pencegahan agregasi keping-keping darah dapat mengurangi risiko menderita penyakit jantung. Asam lemak omega 3 juga dapat menurunkan tekanan darah; membantu merawat kesehatan kulit, terutama dari ekzema dan dermatitis; serta berperan dalam pembentukan cerebral cortese otak.  


Akhirnya mas-mas tukang sayur pun tiba, membawa ikan lele beserta bumbu lainnya untuk membuat menu olahan ikan ini. Dan pastinya bukan saya yang memasak kali ini. Giliran abang yang mesti masak ala chef Juna. Setelah ikut bergosip dengan tukang sayur, akhirnya si abang yang bernama Bono itu beraksi.
 

Bahan-bahan Resep Masakan Lele Goreng Garing
  1. Ikan lele
  2. Ketumbar
  3. Kunyit
  4. Garam
  5. Laos
  6. Jeruk nipis
  7. Garam
  8. Penyedap
Cara memasak
  1. Bersihkan lele sebersih-bersihnya, setelah itu lumuri lele dengan perasan jeruk nipis supaya bau amisnya hilang dan diamkan beberapa saat.
  2. Kita siapkan wadah kemudian campur bumbu yang dihaluskan dengan bahan perendam, masukkan ikan lele hingga tercampur dengan bumbu. Diamkan selama kurang lebih 1/2 jam agar bumbu meresap ke dalam ikan lele.
  3. Panaskan minyak goreng kemudian goreng ikan lele hingga kecokelatan dan matang sempurna.
  4. Sajikan lele goreng dengan cocolan sambal tomat dan nasi putih hangat
Huraaa….Lele goreng garing sudah jadi dan siap di santap. Gampang, mudah dan cepat saji, dan gak perlu menunggu lama. Biasanya kami lengkapi  dengan Resep Masakan Cah Kangkung Daging Iris. Hmmm Mak Nyuss deh Bun. Terimakasih sudah membaca, silakan berselancar ke menu-menu lainnya. Selamat mencoba di rumah ya Bunda. 

0 Komentar untuk "Resep Masakan Lele Goreng Garing"

Back To Top